Senin, 17 Juni 2013

Mengajar Yang Menyenangkan


Shobakhal khoir (selamat pagi)….. kata itulah yang mengawali hari-hari saya mengajar setelah mengucapkan salam, kenapa harus menggunakan bahasa Arab? Karena saya adalah guru bahasa Arab, baik di MI (Madrasah Ibtidaiyah) ataupun di MTS (Madrasah Stanawiyah). Tidak sedikit dari murid-murid saya yang menganggap bahasa Arab adalah pelajaran yang sama menyeramkannya dengan matematika atau bahkan ada yang menganggap lebih menyeramkan dari matematika, saya tidak heran dengan hal itu, karena dulu ketika di bangku sekolah saya juga mengalami hal tersebut.
Memaksakan murid untuk menyukai bahasa Arab dengan cara sering memberikan tugas kalau murid tidak mengerjakan maka saya sebagai guru menghukum adalah kesalahan yang besar karena hal itu bukan membuat murid menjadi suka dan memahami bahasa arab tapi malah membuat mereka takut pada saya sebagai guru dan membuat mereka malas masuk sekolah, dan yang paling menyeramkan lagi mereka takut dengan bahasa arab sehingga mereka memilih pindah sekolah yang tidak ada pelajaran bahasa Arab.
Hal yang harus saya lakukan agar murid-murid menyukai bahasa arab adalah dengan mengajar yang menyenangkan sehingga mereka merasa pelajaran bahasa arab adalah pelajaran yang menyenangkan, hal itu saya lakukan dengan mengajar menggunakan berbagai metode permainan dan game-game seru tentunya dalam bermain game tetap menggunakan bahasa arab atau kadang juga ketika mengajar di tingkat MI saya mengajak anak-anak menghafal kosa kata bahasa Arab sehingga mudah bagi mereka untuk menghafal kosa kata.

Tidak ada komentar: